menjaga kesehatan mata
menjaga kesehatan mata

Tips Menjaga Kesehatan Mata Di Depan Komputer Wajib Kalian Ketahui

Posted on

Tips Menjaga Kesehatan Mata Di Depan Komputer Wajib Kalian Ketahui – Kita hidup di era yang penuh dengan teknologi, era dimana tidak ada waktu tanpa gadget. Tanpa kita sadari, melihat gadget terlalu lama dan dekat dapat mengganggu kesehatan mata kita, oleh karena itu banyak orang saat ini membutuhkan kacamata atau lensa kontak.

Karena penyakit yang diakibatkan oleh kecerobohan mereka dalam menggunakan gadget dan teknologi. Berikut beberapa tips Menjaga Kesehatan Mata di depan komputer yang mungkin bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata meski bekerja terlalu lama di depan komputer.

Baca Juga: Manfaat Pijat Setelah Melahirkan Yang Wajib Diketahui Bunda

Tips Menjaga Kesehatan Mata Di Depan Komputer

Sesuaikan Kecerahan Monitor

Kecerahan layar monitor mempengaruhi kelenturan mata, sehingga penting untuk mengatur kecerahan layar monitor. Pastikan untuk tidak menggunakan kecerahan monitor secara maksimal tetapi tidak terlalu gelap. Sesuaikan kecerahan monitor agar sesuai dengan cahaya di ruang kerja Anda, tidak terlalu terang dibandingkan dengan cahaya. Sedikit tips, akan jauh lebih baik menggunakan monitor LCD daripada tipe tabung.

Gunakan Filter

Untuk mengurangi intensitas cahaya yang masuk langsung ke mata dan juga dampak radiasi dari layar monitor, akan jauh lebih baik menggunakan filter kaca. Selain menggunakan kaca filter, Anda juga bisa menggunakan kacamata pelindung.

Atur Jarak Pandang Mata

Seperti membaca buku, melihat layar komputer juga harus pada jarak ideal sekitar 50-100 cm. Ketika jarak pandang mata dengan monitor terlalu dekat akan membuat mata lebih cepat lelah dan dapat merusak mata, hal ini dapat menyebabkan rabun jauh pada mata. Di sisi lain, jarak pandang dengan layar monitor juga mempengaruhi besarnya radiasi, sehingga menjaga jarak pandang mata menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

Gunakan Font Yang Besar

Biasakan menggunakan ukuran font yang ideal saat menulis, mengedit, atau membaca dokumen. Ukuran font yang terlalu kecil akan membuat mata bekerja lebih keras karena memaksa mereka untuk melihat huruf yang terlalu kecil, sehingga mata akan jauh lebih mudah lelah. Idealnya menggunakan ukuran font 12.

Istirahatkan Matamu

Biasakan mengistirahatkan mata jika Anda terlalu lama berada di depan komputer, setidaknya sekali dalam satu jam. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merilekskan mata, antara lain: Pejamkan mata sejenak dan jangan mengucek mata. Alihkan pandangan ke arah lain dan jangan terlalu fokus melihat satu objek di layar komputer, apalagi jika dalam waktu lama. Gosok kedua telapak tangan hingga terasa panas, lalu letakkan jari di area mata.

Pijat mata dengan gerakan memutar yang lembut saat Anda ingin tidur selama sekitar dua menit. Lihatlah sebuah benda 6 meter dari tempat duduk Anda selama 20 detik. Lakukan latihan ini setiap 20 menit untuk mengurangi kemungkinan mata Anda tegang. Disarankan untuk istirahat 5 menit setiap jam untuk mengistirahatkan mata dan membuat pikiran lebih segar.

Konsumsi Makanan Yang Sehat

Makanan dapat mempengaruhi kesehatan mata kita. Makanan yang tepat dapat membantu kita melindungi mata kita dari degenerasi makula, dan melindungi diri kita dari gangguan mata ringan. Biasakan makan makanan sehat yang dapat membantu kita menjaga kesehatan mata. Perbanyak konsumsi sayuran seperti bayam, kubis, dan kubis yang mengandung nutrisi lutein dan zeaxanthin yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit mata.

Selain itu, jangan lupa juga untuk mengkonsumsi sayur dan buah seperti: wortel, alpukat, almond, strawberry, jeruk, brokoli, dan mangga yang banyak mengandung vitamin A dan C yang dapat membantu menjaga kesehatan mata.

Selain vitamin A, konsumsi juga makanan yang mengandung beta karoten yang juga akan diubah menjadi vitamin A dan mengandung antioksidan yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula. Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung zinc seperti kacang-kacangan, daging merah tanpa lemak, unggas, karena dapat mengurangi kemungkinan kerusakan mata akibat cahaya.

Jaga Lingkungan Kerja

Jaga pencahayaan ruang kerja Anda, usahakan jangan terlalu terang hingga menimbulkan pantulan cahaya di layar komputer. Namun jangan terlalu gelap karena dapat mempengaruhi kinerja mata Anda. Menyesuaikan pencahayaan di ruang kerja akan membantu mata Anda bekerja lebih mudah dan tidak cepat lelah. Sebaiknya letakkan lampu meja di atas kepala dan di belakang punggung agar cahaya tidak langsung masuk ke mata.

Lakukan Perawatan Pada Mata Anda

Setelah seharian bekerja di depan komputer plus ruangan ber-AC, pasti akan membuat mata lebih cepat lelah dan kering. Biasakan mengompres mata dengan handuk hangat untuk meredakan kelelahan mata. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan layanan jasa pijat panggilan surabaya dari gomassageindonesia.com untuk treatmen Totok Wajah agar seluruh saraf yang mengarah ke mata bisa rileks dan tidak tegang, dan anda juga bisa dengan menggunakan obat tetes mata untuk menyegarkan mata yang kering.

Lakukan Pemeriksaan Mata Secara Teratur

Pemeriksaan mata diperlukan untuk mengetahui keadaan kesehatan mata. Jika Anda memiliki masalah mata, disarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin setahun sekali. Namun jika tidak ada keluhan tetap harus melakukan pemeriksaan setiap 2-3 tahun sekali. Apalagi jika Anda bekerja di depan komputer, usahakan untuk melakukan pemeriksaan secara rutin, terutama jika Anda mengalami keluhan baru yang muncul di mata Anda.

Baca Juga: Pijat Kaki Saat Hamil? Kamu Harus Hindari 2 Titik Berikut Ini

Biarkan Mata Berkedip

Menggunakan komputer bisa membuat kita terlalu fokus menatap layar sehingga terkadang kita lebih jarang berkedip. Saat mengedipkan mata akan rileks sehingga tidak merasa tegang dan terhindar dari iritasi serta membuat mata tidak kering. Saat mata Anda terasa lelah, mulailah melakukan gerakan relaksasi dengan mengedipkan mata sebanyak 18 kali dalam satu menit untuk menyegarkan kembali mata Anda.

Jangan Fokus Pada Satu Objek

Bekerja dengan komputer memaksa mata untuk fokus pada layar monitor, alhasil terkadang mata juga jarang berkedip. Saat mata terlalu fokus pada satu objek, mata akan lebih mudah merasa lelah apalagi jika monitor yang fokus tidak mendukung, seperti terlalu terang atau terlalu terang sehingga bisa membuat otot mata bekerja lebih keras. Jadi disarankan untuk tidak terlalu fokus pada komputer dan bersantai dengan melihat objek lain

Tidur Saat Lelah

Tidur adalah cara relaksasi yang paling mudah untuk mengistirahatkan otot-otot mata. Disarankan untuk tidur 6-8 jam dan tidak kurang dari waktu tersebut karena dapat membuat mata kering, perih, sensitif terhadap cahaya, gatal, merah, dan terasa kabur.

Jangan Merokok

Pola hidup sehat memang sulit dilakukan secara tuntas, namun perlu kita ketahui bahwa pola hidup sehat dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya menjaga kesehatan mata. Tidak cukup hanya makan, tetapi juga menghindari rokok dan minuman beralkohol. Kedua hal ini akan memperburuk kesehatan tubuh dan kesehatan mata, karena merokok dapat memicu katarak dan merusak saraf optik. Jika Anda ingin mata yang sehat, jangan merokok.

Mengurangi Pemakaian Lensa Kontak

Bagi pengguna soft contact atau lensa kontak, faktor kebersihan lensa dan mata sangatlah penting. Hal ini karena lensa mata lebih mudah mengiritasi mata, jika tidak dirawat dengan baik. Atau, cara terbaik adalah mengurangi penggunaan lensa kontak.

Demikian ulasan tentang Tips Menjaga Kesehatan Mata Di Depan Komputer Wajib Kalian Ketahui semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.